Aneh, Jati Berbuah Pisang di Ponorogo

Lagi, fenomena alam menggegerkan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.  Warga Desa Sukorejo, kecamatan Sukorejo, Ponorogo, gempar gara-gara sebuah pohon jati. Bagaimana mau tidak, pohon jati milik Misdi warga lingkungan Pletes, Dukun Krajan, Desa Sukorejo ini berbuah pisang. Tak pelak, fenomena alam ini menjadi tontonan warga yang penasaran untuk mendatangi lokasi tersebut.

Pohon yang kini jadi primadona ini berada di pinggir sawah milik Misdi. Pohon jati yang berusia lebih dari 3 tahun itu bertinggi sekitar 7 meter. Dibagian tengah batangnya yang berdiri tegak, ditumbuhi sejenis buah yang mirip buah pisang. Penemuan Pohon Jati yang ditumbuhi pisang ini cepat tersebar. Kamis (22/4) tadi, warga setempat maupun warga luar desa, tampak ramai mengunjungi sawah Misdi.

Mereka penasaran dengan kabar itu dan ingin melihat langsung keunikan pohon jati tersebut.
Toinah salah satu warga yang pertama kali melihat fenomena aneh ini, mengaku terkejut saat menyaksikan hal aneh tersebut. Dirinya yang saat itu sedang menyemai sawahnya tertegun dan mengaku tak percaya dengan apa yang dilihatnya.

“Subhanallah, ini merupakan bukti kebesaran Allah,” ucap Misdi. Saat mengetahui selirang buah pisang di pohon Jati ini dia lantas memberi tahu warga desa. “Saya lantas memberitahukan pemandangan tak lazim ini kepada tetangga. Mereka pun juga mengaku heran,” tambahnya. Menurutnya, Pohon Jati ditumbuhi pisang itu baru pertama kali terjadi di daerahnya. Yakni, berupa buah yang berbentuk buah pisang berwarna hijau dan sangat mirip dengan buah pisang. Meski begitu, sebagian warga menduga buah pisang yang menempel di pohon jati ini sejenis benalu.

“Mungkin saja ini benalu yang menempel pada pohon. Karena bunganya tidak bisa mekar maka tertelungkup hingga berbentuk buah pisang,” kata Kadenun, salah satu warga yang menyaksikan menduga-duga. Warga sekitar pun belum sempat untuk memetik buah pisang yang menempel di pohon jati tersebut untuk membuktikan kebenarannya. Sementara itu, Misdi pemilik pohon jati ini mengatakan dirinya tidak menduga bahwa pohon miliknya bakal berbuah pisang.  “Pohon jati ini tumbuh seperti biasanya. Tidak ada hal yang aneh,” akunya.

Namun, kata dia, pohon jati miliknya ini dulu pernah roboh dan oleh warga sempat ditegakkan kembali. “Kejadian ini ada hubungannya atau tidak yang pasti dulu pernah roboh,” tukasnya diamini Agus Shofwan Rifai, warga Dukuh Boto, Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo yang menyempatkan diri melihat jati tersebut.