Mourinho: Madrid Akan Pakai Formasi 4-3-2-1

Real Madrid akan menggunakan formasi 4-3-2-1 melawan Barcelona di final Copa del Rey, dini hari WIB nanti. Pelatih Madrid, Jose Mourinho membocorkan strategi timnya. Jumat lalu, sehari sebelum laga El Clasico di La Liga, Jose Mourinho menutup mulutnya erat-erat saat asistennya Aitor Karanka bicara di jumpa pers. Tindakan Mourinho memicu boikot dari para wartawan Spanyol. Padahal, publik sangat ingin tahu strategi apa yang akan dipakai Especiale da Una melawan Barca.

Akhirnya, Mourinho membuat strategi kejutan di pertahanan dengan memasang bek tengah Pepe sebagai gelandang bertahan guna menyetop derasnya aliran bola Barca. Jelang laga di kandang Valencia, Stadion Mestalla ini, Mourinho justru mulai buka mulut.  “Kami akan memasang target man,” kata Mourinho dalam jumpa pers jelang Copa del Rey seperti dilansir Live Soccer. 

“Lalu, kami akan memasang empat bek, tiga gelandang dan tiga penyerang. Kami akan menyerang dan coba mencetak gol tiap kali kami mendapatkan bola. Jika kehilangan bola, kami akan bertahan sebagai sebuah tim." “Artinya, semua pemain harus aktif bekerja di seluruh sudut lapangan. Laga kali ini beda dengan El Clasico, Sabtu lalu," lanjut Mourinho.

“Anda takkan tahu apa yang terjadi di lapangan nanti. Kami akan coba menerapkan strategi sesuai hasil evaluasi." “Kami tak peduli dengan para pemain Barca yang akan bermain atau absen. Game plankami telah didesain kemarin,” tutur Mourinho. Real kemungkinan akan menempatkan Emmanuel Adebayor sebagai target man alias satu-satunya striker dalam laga ini. Striker asal Togo ini dianggap lebih punya nyali dibanding Karim Benzema yang menjadi starter pada Sabtu lalu.

Tak seperti manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson yang memasang Cristiano Ronaldo sebagai striker di final Liga Champions 2009 melawan Barca, Mourinho mungkin akan menaruh CR7 di belakang target man. CR7 akan menyerang dari sayap bersama Angel Di Maria. Satu perubahan lagi dilakukan Mourinho dengan memainkan Mesut Oezil sebagai starter di lini tengah. Ia akan menjadi playmaker yang disokong oleh duet gelandang bertahan Xabi Alonso dan Sami Khedira.

Sedangkan Pepe tampaknya akan kembali ke posisinya di belakang. Komposisi back fourMadrid akan diisi oleh Sergio Ramos, Pepe, Ricardo Carvalho dan Marcelo. Di bawah mistar, posisi Iker Casillas masih tak tergantikan.

TIM MADRID VS BARCELONA
Kiper: 
Iker Casillas, Antonio Adan, Jerzy Dudek
Belakang: Sergio Ramos, Ricardo Carvalho, Pepe, Marcelo, Alvaro Arbeloa, Ezequiel Garay
Tengah: Esteban Granero, Ricardo Kaka, Sami Khedira, Xabi Alonso, Mesut Özil
Depan: Cristiano Ronaldo, Emmanuel Adebayor, Karim Benzema, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain

PREDIKSI STARTER MADRID (4-3-2-1):Casillas; Sergio Ramos, Carvalho, Pepe, Marcelo; Khedira, Alonso, Özil; Cristiano Ronaldo, Di Maria; Adebayor.