Ditemukan, Gereja 1.500 Tahun di Israel

Arkeolog Israel menemukan gereja kuno 1.500 tahun di bukit Judean, Israel. Karena gereja ini menjadi target para pencuri, para arkeolog pun menutupnya. Seperti apa? Gereja temuan arkeolog Israel ini memiliki lantai bermotif mosaik bergambar singa, musang, ikan dan burung. Seperti dikutip Associated Press, situs temuan ini terletak di barat daya Yerusalem dan telah digali sejak dua bulan lalu.

Namun gereja kuno telah ditutup kembali dengan tanah dengan alasan perlindungan dari penjarah dan pencuri. "Bangunan ini memiliki lantai bermotif unik dari abad ke lima dan tujuh sesudah masehi (SM),” ungkap pemimpin penggalian Amir Ganor dari Israel Antiquities Authority. Ganor mengatakan, lantai gereja merupakan salah satu mosaik kuno terindah yang pernah ditemukan di Israel dalam kurun beberapa tahun terakhir. Para arkeolog mulai menggali situs yang juga dikenal dengan nama Hirbet Madras ini pada Desember lalu.

Namun Israel Antiquities Authority telat beberapa bulan mengetahui situs ini dan mendapati para pencuri mencuri beberapa bagian situs gereja itu. Ganor mengatakan, gereja itu akan tetap dikubur hingga mendapat dana untuk membuat tempat itu menjadi obyek wisata.

Sumber